Saturday, May 10, 2014

Cara Membuat Kaldu Ayam Kampung & Sayuran

Holaaa..teman temin semuanya, apa kabar?yuhu...besok Adzkiya sudah masuk 7 bulan nih, ayeee... Gimana MPASI Adzkiya?Alhamdulillah Adzkiya doyan makan segala rupa makanan yang undanya buat :) .Memasuki usia 7 bulan, Adzkiya sudah mulai diperkenalkan dengan kacang-kacangan dan berbagai macam protein. Nah..biar menambah rasa di dalam makanannya aku sudah mempersiapkan stok kaldu ayam kampung & sayuran. Resep ini aku dapatkan dari buku keluaran Mamaku koki handal yang berjudul "MPASI Perdana Cihuy". Bikinnya gampang banget dan pastinya bu ibu semua bisa :p. Alhamdulillah Adzkiya suka makanan yang dicampur kaldu, yuhuuu berhasil :). Gimana sih cara buatnya?berikut aku jelaskan step by step membuat Kaldu Ayam Kampung & Sayuran :).

Bahan-Bahan :
- 1 ekor ayam kampung (potong menjadi 24 bagian)
- 1 Buah Wortel Besar Potong Kotak
- 1 Buah Kentang Besar Potong Kotak
- 1 Batang Daun Bawang
- 1 Batang Daun Seledri
- 4 Lembar Daun Salam
- 1 Buah Bawang Bombay Potong Menjadi 4 Bagian
- 2 Liter Air Bersih


Cara Membuat :
- Panaskan air, masukkan semua bahan yang sudah dicuci bersih. Lalu masak dengan api kecil hingga mendidih, kurang lebih 1 jam.
- Dinginkan kira-kira 15 menit agak uap panasnya hilang
- Saring kaldu agar ampas tidak ikut terbawa
- Lalu masukkan ke dalam ice cube atau wadah seperti botol kaca
- Masukkan ke dalam freezer agar kaldu tahan lama

Gampil kan?gampil banget ya kan?hahahaha...Dan jadinya seperti ini deh, taraaaaa....


Setelah kaldu jadi, ayam dan sayurannya bisa disimpan di lemari es deh. Jadi kalau mau pake tinggal dihangatkan aja :). 


Selamat mencoba bu ibu semuanyaaaa... :D 

No comments:

Post a Comment