Monday, January 20, 2014

Proses Kelahiran Adzkiya

3 bulan sudah adzkiya lahir ke dunia. Nah...pas bgt juga undanya keluar dari peradaban :P. Iye...semenjak Adzkiya lahir sampe 40 hari undanya kaya burung di sangkar emas, ngurusin Adzkiya doang kerjannya dan ga sempet juga mau ngeblog. Udah gitu cuti kerja pula selama 3 bulan, jadi ya puas puasin main sama adzkiya dirumah deh. Pas masuk kerja, baru mulai ngeblog lagi..cihuy..

Mau cerita proses kelahiran Adzkiya yang penuh dengan drama *halah . Udah 3 bulan baru nulis lagi, bimillahhhhh... Begini ceritanya..jeng jeng..
7 Oktober 2013 : Aku mulai cuti melahirkan, dirumah kerjaannya masang box bayi, beberes rumah dll.

8 Oktober 2013 : aku kontrol dokter karena udah masuk 39 minggu dan Adzkiya udah di bawah posisi kepalanya. Ternyata hasil dari kontrol dokter, aku diharuskan SC secepetnya karena tensiku yang semakin tinggi dan takutnya terjadi kontraksi (kalo terjadi kontraksi & pembukaan terus aku ngeden dikhawartirkan aku kejang jadi sebaiknya menghindari terjadinya kontraksi). Oke..akhirnya diputuskan aku menjalankan SC tanggal 10 Oktober 2013 jam 11 pagi.

9 Oktober 2013 : jam 3 sore aku udah di RS Bunda Menteng buat CTG dan mulai check in di RS, nah mulai deh tegang campur seneng campur bingung. Ya gitu deh...namanya juga mau melahirkan, pasti ada aja kan :). Jam 4 aku cek USG abis itu aku langsung CTG, setelah CTG mulai lah dipasangin infus, dikasi obat penurun tensi, dipasang kateter sampe alat kontrol tensi dan diobservasi di ruang observasi. Oia..abis isya aku juga sudah mulai puasa buat SC besoknya :).

10 Oktober 2013 : Jam 8 pagi aku dimandiin suster, abis itu seluruh keluarga udah mulai dateng buat nemenin aku SC. Jam setengah 11 aku mulai dibawa ke ruang operasi, kak ian juga sudah mulai pake baju operasi dan bawa bawa kamera. Disini aku merasa tenang karena kak ian ikut nemenin aku di dalam ruang operasi, yeee jujur aje ini pertama kalinya aku operasi, dipasangin infus dll jadi rasanya takut. Jam 11 mulailah ak diobok2 sama para dokter. Pertama disuntik anastesi di tulang belakang, abis itu langsung ga berasa apa2 haha..abis suntik aku sempet pusing dan muntah sedikit, tapi abis itu seger lagi. Ga lama Kak ian masuk ruang operasi dan  langsung sibuk fotoin seluruh rangkaian SC. Jam 11.24 Alhamdulillah Adzkiya lahir, aku denger suara dia nangis kenceng, ga lama kak ian dan Prof Asril kasi adzkiya ke aku buat dicium. Ruang operasi terasa haru, dokter suster dan kak ian semuanya bilang "Alhamdulillah". Rasanya bahagiaaa sekali bisa ketemu Adzkiya yang selama 9 bulan perutku :). Tapi karena kondisiku yang ga stabil, aku ga bisa IMD :(. Yang aku inget, setelah cium Adzkiya tidur pules les les. 

Jam 2an aku sudah sadar, tapi rasanya masih ngantuk *efek bius belum ilang haha. Semua keluarga satu persatu masuk ruang pemulihan buat jenguk aku. Jam setengah 4 sore, pas aku mau dibawa ke kamar perawatan ternyata aku pendarahan. Setiap dokter cek perutku, darah keluar banyak. Akhirnya aku ditunda masuk ke kamar perawatan dan tetap di ruang pemulihan. Sampai habis magrib, pendarahanku ternyata makin banyak dan aku makin lemas. Jam setengah 9 malam aku makin lemas karena darahku makin banyak keluar. Kondisiku juga makin menurun, Darah dari PMI yang mau ditransfus juga belum datang. Alhamdulillah kak ian selalu mendampingiku, kak ian juga selalu kuatin  bahwa aku bisa melewatinya. Jam 9 malam dokter pembuluh darah dari RS Cipto Mangunkusumo datang, aku diperiksa beliau dan ternyata salah satu pembuluh darah di dekat rahimku robek. Team dokter menyatakan aku harus dioperasi kembali untuk mengobati pembuluh darah yang robek tersebut. Rasanya sedih ga karuan, karena dari aku melahirkan sampai jam 9 malam belum ketemu Adzkiya lagi, apalagi gendong dan nyusuin Adzkiya :(. Akhirnya suster di ruang bayi membawa Adzkiya ke ruang pemulihan agar bisa ketemu denganku dan menyemangatiku lagi sebelum operasi kedua dimulai. Yang bikin aku salute, seluruh dokter dan suster di ruang pemulihan menyemangatiku dan membuatku tenang :). 

Jam 10 malam operasi kedua dimulai, kali ini aku dibius total. Sebelum operasi, aku cuma minta sama Allah untuk disehatkan kembali agar bisa mengurus Adzkiya :(. Jam 1 pagi operasi selesai dan aku baru sadar sekitar jam 3 pagi. Setelah sadar dan dokter kembali memeriksaku, akhirnyaaku boleh pindah ke kamar perawatan. Alhamdulillah sujud syukur sama Allah aku bisa melewati masa-masa kritis saat melahirkan Adzkiya. Ternyata memang menjadi seorang ibu itu penuh perjuangan dan bertarung nyawa. 

Jam 7 pagi, suster memberikanku massage payudara sebelum menyusui Adzkiya. Alhamdulillah bisa menyusui Adzkiya, walaupun ASIku belum banyak. Rasanya senang sekali bisa ketemu Adzkiya, ahhhhh...begini thoh rasanya jadi seorang ibu, campur aduk ternyata :). Adzkiya anakku, unda sayang kamu. Unda tulis ini di blog biar suatu saat Adzkiya tau bahagiamana perjuangan unda melahirkanmu nak. Jadi anak baik ya sayang, InshaAllah ayah dan unda selalu berusaha memberikan yang terbaik buatmu. Doa kami selalu menyertaimu nak, Love You anakku :-* .


No comments:

Post a Comment