Tuesday, January 21, 2014

Stok ASIP (ASI Perah) Adzkiya

Waktu kemarin 3 bulan cuti melahirkan, aku nyetok ASIP (ASI Perah) untuk Adzkiya. Ya maklum ye...diriku kebetulan working mom jadi harus ekstra menyisihkan waktu buat pumping demi kelangsungan ASI Adzkiya. Kan ceritanya unda & yayahnya ingin Adzkiya merasakan ASI Eksklusif dankalo bisa ASI sampe 2 tahun *Aminnnn ya Allah. Jadi undanya bersusah payah pumping diwaktu senggang buat stok ASIP Adzkiya biar aku tenang ninggalin doi pas kerja. 

Aku mulai stok ASI itu disaat Adzkiya umur 16 hari. Gara garanya ASIku ngerembes sampe netes netes waktu habis mandi jadi daripada sayang mending dipompa aje, oiaaa gara gara PD rasanya sakit & penuh juga :). Pertama kali pumping Alhamdulillah bisa dapet 110 ml :), tapi abis itu waktu pumpingku ga teratur banget, bisa 2 hari sekali pumping atau kadang 3 hari sekali :P. Ini yang bikin hasil pumpingku juga agak berkurang. Padahal kak ian yang paling pertama support aku untuk ASI, dia beliin segala macem peralatan perang ASI supaya aku semangat kasi ASI ke Adzkiya. Yang lebih okenya lagi, frezeer ASIP yang aku sewa udah nongkrong dirumah dari Adzkiya umur seminggu :P.  Godaan pumping soalnya banyak bener, dari yang ngantuk sampe males nyuci peralatan perangnya :P. Nah..saat Adzkiya umur 1 1/2 bulan mulailah aku pumping teratur, diusahakan 3-4 jam sekali pumping atau minimal sekali sehari pumping. Waktu itu aku cuma mikir, kalo ga pumping dari sekarang nanti pas masuk kerja anakku mimik ASI darimana?apakah ASIPku cukup?apakah aku bisa kasi anakku ASI eksklusif?kekhawatiran ini yang membuatku semangat untuk pumping lagi dan mulai disiplin. Aku buang rasa males & ngantuk, aku mulai liatin isi frezeer kalo mau pumping biar semangat menuhin frezeer sebelum aku balik kerja. Kak ian juga selalu support aku, dia sering nemenin aku pumping kalo malam atau dia beliin segala macem makanan biar ASIku banyak :). Alhamdulillah disiplin ASIku membuahkan hasil, ASIPku makin lama makin bertambah dan produksi ASIku makin banyak. Yang namanya pumping itu ternyata memang harus disiplin, kalo enggak yang ada keteteran :(. 

Di umur Adzkiya yang menginjak 3 bulan, Alhamdulillah isi frezeer ASIP hampir penuh. Aku jadi makin tenang menanti detik detik berakhirnya cuti melahirkan. Pas sehari sebelum cuti berakhir, aku bisa tersenyum lega karena stok ASIP Adzkiya dirumah surplus *lap keringet :). Dan inilah stok ASIP Adzkiya waktu aku selesai cuti melahirkan :). Penuh perjuangan deh menuhin isi frezeer sebelum cuti selesai, ternyata jadi busui itu begini thoh :D. 



No comments:

Post a Comment