Friday, January 24, 2014

Tools : Perlengkapan ASI(P) Adzkiya

Yuhu...kali ini mau membahas tentang "Perlengkapan ASI(P)" milik Adzkiya :). Dari mulai punya bayi dan memutuskan buat ASI Eksklusif ternyata banyak banget keperluan ASI selain botol susu. Mulai dari alat steril sampe alat pencuci botolnya. Udah gitu merk, keperluan dan harganyanya pun cem macem *pusiang pala :P. Kenapa kok banyak banget keperluan buat ASI(P) doang?ya kan sebaiknya seluruh perlengkapan yang dipakai sama bayi itu steril ya, maksudnya biar mencegah adanya bakteri dan selalu sehat :). Tapi emang akunya aja sih yang rempong *maklum ya emak2 rempong :P. Dan setelah 3 bulan Adzkiya lahir, barulah menemukan keperluan yang "tetap" dan selalu dipakai sama aku. Aku review satu persatu ya :

1. Panasonic Dsterile Dish Dryer
Sebelum punya alat steril ini, aku pakai "Crown Multi Function Digital Steam 6 Bottle Sterilizer Classic Pooh Series". Udah 1 bulan lebih sterilin botol-botol ASI(P) pake ini, eh ternyata wattnya gede banget sodara2 550 watt aja haha...bikin listrik rumah jadi naik banyak :P. Padahal alat steril ini bisa juga dijadiin alat penghangat susu & makanan bayi dan alat buat bikin makanan bayi. Tapi ya kekurangannya kalo mau sterilin harus naro air dulu terus abis sterilin harus dilap dulu karena masih basah banget :(.  Ya udah lah akhirnya aku cari alat steril lain yang wattnya lebih kecil deh :). Dan setelah baca review sana sini, akhirnya ketemulah si "Panasonic Dsterile Dish Dryer". Alat ini oke banget ternyata, selain buat sterilin  bisa juga dijadiin rak perlengkapan ASI(P) Adzkiya, tempatnya juga besar jadi bisa muat banyak, udh gitu bisa langsung kering pula. Dan yang lebih penting lagi wattnya hanya 200an :). Alhamdulillah setelah menemukan alat ini, sterilin perlengkapan ASI(P) Adzkiya makin ringkes :). 



2. Pumpee Multi Baby Bottle Warmer 
Alat penghangat ASIP ini kadonya Adzkiya. Alhamdulillah bisa buat menghangatkan ASIP Adzkiya, alat ini membantu banget, ga perlu lagi pake air panas buat ngerendem ASIP :).


3. Puku Bottle Drying Rack (Pink)
Setelah nyari berbagai macam drying rack, aku pasti kepentoknya sama "ah males ga ada tutupnya" :P. Nah...Drying Rack keluaran puku ini super oke karena ada tutupnya jadi kalo abis nyuci tetep bersih :). . Tempatnya gede, bisa muat 6 botol susu dan macem macem peralatan ASIP. Tempat botol susunya juga bisa diangkat jadi mudah untuk membersihkannya. 


4. Tupperware Containers
Ini tempat buat nyimpen segala macem pelaratan perang ASIP yang sudah bersih. Dari botol susu, plastik ASIP, spidol dll. Dengan tempat ini, jadi semuanya rapih jali..cihuy :).


5. Sikat Botol
Aku punya 2 biji :P. Yang satu warna putih biru merk pigeon, tapi sikat botol ini kurang oke soalnya ga bisa masuk ke botol kaca ASIP :(. Nah sikat botol yang hijau ini aku beli di PIM, merknya lupa apa tapi bisa masuk ke botol kaca ASIP :), sikat yang buat nipplenya juga tersembunyi di dalam gagang sikat jadi ga tercecer kemana2 :).


6. Capitan Botol Pink
Merknya lupa apaan :P. Tapi capitan ini berfungsi banget kalo pas abis sterilin perlengkapan terus masih panas bisa pake ini :).

7. Baskom Kecil
Buat cuci segala macem perlengkapan, biar ga kecampur sama perlengkapan lain :). 


8. Cairan Pencuci & Steril Perlengkapan Bayi
a. Sleek Bottle Nipple Baby Pouch 
Ini buat nyuci segala macem perlengkapan ASIPnya Adzkiya. Sama lah kaya mamak2 lain, pakenya merk sleek, gampang dicari juga karena dimana2 dijual :).

b. Sleek Baby Hygiene Solution Cold Sterilization
Cairan ini untuk sterilin perlengkapan bayi dan air mandi bayi. Biasanya aku pake ini buat dikantor. Cara pakenya, setelah dicuci bersih, rendam peralatan bayi di air matang dengan cairan ini kira2 24ml selama 20-30 menit. Setelah itu bilas dengan air matang. Kalo dirumah kan udah ada alat steril, kalo dikantor kan ga ada jadi aku pake cairan ini buat sterilin. 


Nah barang2 inilah yang aku butuhkan untuk perlengkapan ASI(P)ku. Agak rempong sih ye, tapi kan bersih dan rapih :). Semoga bermanfaat ya :D.

2 comments:

  1. Yu.. capitan botolnya beli dmanaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli di toserba dekat rumah ras, cuma di tiap toko perlengkapan bayi ada kok. hargqanya sekitar 15rbuan

      Delete