Monday, December 10, 2012

Premarital Check Up

Kira2 seminggu yang lalu, aku liat foto salah satu temen yang abis check up bareng pasangannya. Terus aku tanya "sakit apaan lo?", dia jawab "ga sakit ko, itu premarital check up aja. Lo udah blm?". terus tiba2 tante ade juga nanya "kamu sama kakak kapan mau check upnya?". Nah.... langsung deh aku berasa ditampar, lah kita BELUM premarital check up  :-s .Abis itu aku tanya sana sini tentang premarital check up, apa sih premarital check up, gunanya sampe cari RS & harga paketnya *niat ye :P. Bukan apa2, aku ga mau cuma sekedar ikut2an temen premarital check up tapi aku ga ngerti apa itu premarital check up & manfaatnya apa :D. 

Jadi..premarital check up pada dasarnya dilakukan untuk mencari tahu apakah ada penyakit keturunan ataukah sifat2 hormonal dari kedua pasangan (menurut dr. Frizar SPOG dari klinik Prodia di female.kompas.com). Manfaat dari premarital check up apa?banyak...bisa dibaca di sini dan sini *males jabarin, baca sendiri ya :P. Intinya..ya untuk mengetahui kesehatan diri & pasangan sebelum menikah. kelebihan dari premarital check up itu kalo hasil test ada masalah bisa cepat dicari solusi & diobati *amit2 jangan sampe ya. Kekurangannya itu jelas butuh kocek yang lumijen karena harganya mantab :D.

Tapi...sebaiknya premarital check up ini dibicarakan dulu dengan pasangan masing2, karena banyak yang ga mau dengan alasan yang berbeda2. Ada yang bilang "ga penting", ada juga yang bilang "kalo hasilnya ga memuaskan, nanti pasangan takut kecewa", dan alesan2 lain. Kalo aku & kak ian mau melakukan premarital check up karena kita mau tahu kondisi kesehatan diri  pasangan & pengen tahu masa subur (penting menurut kita :D). Dan kita berdua sudah sepakat, apapun hasil yang nanti kita dapet dari check up (hasil positif & negatif) ga akan mempengaruhi rasa cinta & tetap bisa terima pasangan apa adanya *ciyeh. Semoga aja hasil testnya nanti ga ada apa2, baik2 aja, sehat & subur bur bur..aminnnn ya ALLAH. Tapi, balik lagi penting/ga premarital check up tergantung dari pribadi masing2. Ga wajib fardu ain ko, cuma sunah :D. 

Sebenernya, waktu yang ideal untuk melakukan premarital check up itu 6 bulan sebelum menikah *telat dong eike. Tapi...ga ada istilah telat untuk tes kesehatan, menurut artikel ini check up bisa dilakukan kapan saja selama pernikahan belum berlangsung *yess masih bisa :P. 

Yang diperiksa pada saat premarital check up bisa diliat di artikel ini *males ngerangkum :P. Nah..ada banyak tempat & harga paket untuk melakukan premarital check up. Karena rumahku di Jaksel, jadi aku cari beberapa RS & Lab yang menyediakan premarital check up. Ada Brawijaya Hospital Jakarta ,RS Pondok Indah , Prodia , RS Bunda Margonda & Kemang Medical Care .Untuk harganya emang mihil ya, dimana2 ngecek hampir sama lah harganya antara yang satu sama yang lain. Kalo dipikir emang mahal, tapi....berguna buat kesehatan :D. Kalo *amit2 ada masalah setelah test bisa cepet diatasi kan?. Biar ayem juga pas nikah karena udah check up :). 

Nah..rencananya aku & kak ian mau test minggu depan. Tapi aku & kak ian masih bingung mau test dimana, kayaknya kita butuh bertapa dulu buat memutuskan test dimana. Mau liat dulu mana diantara banyak RS & Lab yang includenya paling banyak *ga mau rugi :p. Nanti setelah nemu & check up, akan aku review ya. Doakan kami, semoga hasilnya sehat & subur. Aminnnn...

No comments:

Post a Comment