Thursday, February 27, 2014

Keajaiban ASI

Pagi ini liat instagramnya Renny Sutiyoso tentang ASI yang isinya "memberikan ASI sama dengan 500 kalori". Wakwau..oke banget ni ye, semoga ogut juga makin kurus karena sering nyusuin Adzkiya. Ternyata ASI ga cuma bermanfaat buat bayi, tapi buat ibunya juga :D. Ngomong-ngomong ASI jadi pengen share tentang ASI disini. Tapi sharing ini aku ambil dari beberapa kutipan yang aku baca soal ASI ya :p. Oia aku share disini tentang ASI bukan berarti aku kontra apalagi nyinyirin sama ibu-ibu yang kasi sufor ke anaknya ya, karena aku yakin bahwa setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya (apalagi masalah gizi anak) dan setiap ibu pasti punya alasan masing-masing kenapa pilih ASI ataupun sufor :). Jadi pisss...damai ya bu ibu, peluk satu-satu :).



pic from http://jeibibelievergirl.wordpress.com/

Back to ASI ya. Apa sih ASI?Pasti udah pada tau dong artinya "AIR SUSU IBU", terus apa sih ASI Ekslusif?ASI eksklusif itu benar-benar hanya memberikan ASI thok selama 6 bulan, ga dicampur sufor apalagi air putih. Di dalam Pasal 128 ayat (1) disebutkan bahwa : "Setiap bayi berhak mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif sejak dilahirkan selama 6 bulan kecuali atas indikasi medis." Dan tenyata sudah ada peraturan pemerintah secara tegas tentang ASI di dalam Pasal 129 ayat (1) menyatakan bahwa "Pemerintah bertanggung jawab menetapkan kebijakan dalam rangka menjamin hak bayi untuk mendapatkan air susu ibu secara eksklusif". InshaAllah sebagai ibu menyusui, aku ingin memberikan ASI Eksklusif juga untuk Adzkiya (Amin). 

Kenapa harus ASI?Ga usah ditanya ya, pasti udah pada tau kan manfaat ASI bagi bayi dan ibunya. Untuk kesehatan bayi, kecerdasan bayi dan lain sebagainya. Manfaat untuk ayah ibunya apa?banyak juga..selain hemat (penting), ga repot bikin susu (tinggal buka kancing baju :P) dan lain sebagainya. Kalau dibahas satu-satu disini kayaknya ga muat ya :). Ini dia salah satu manfaat ASI untuk bayi.

picture from www.sehatituherbal.com


Sebenarnya ketentuan memberikan ASI untuk anak itu sudah ada di dalam AlQuran Surat Al Baqarah yang berbunyi Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” (Al-Baqarah [2]: 233). Bismillah semoga aku bisa memberika ASI Adzkiya selama 2 tahun penuh (amin).

Menyusui juga merupakan salah satu ibadah, jadi ketika menyusui niatkanlah untuk ibadah.  Amru bin Abdullah pernah berkata kepada isteri yang menyusui bayinya, “Janganlah engkau menyusui anakmu seperti hewan yang menyusui anaknya karena didorong kasih sayangnya kepada anak. Akan tetapi susuilah dengan niat mengharap pahala dari Allah dan agar ia hidup melalui susuanmu itu. Mudah-mudahan ia kelak akan bertauhid kepada Allah Subhanahuwata’ala.” Subhanallah..begitu besarnya ASI ciptaan ALLAH SWT.

Jadi jangan ragu untuk memberikan ASI kepada anak. Karena ASI adalah asupan terbaik yang diciptakan oleh ALLAH. Semangat ngASI para ibu menyusui, semoga ALLAH selalu memberikan kelancaran dan kesabaran untuk kita semua :).

Data :

No comments:

Post a Comment