Friday, February 28, 2014

Ruang Laktasi Kantor

Halo loha..selamat sore semuanya :). Kali ini aku mau share tentang ruang laktasi di kantorku. Alhamdulillah kantorku menyediakan ruang laktasi untuk para ibu menyusui yang ingin pumping di sela-sela waktu kerjanya :). Ketentuannya ada ni di pasal 128, bunyinya :

Pasal 128
(1) Setiap bayi berhak mendapatkan ASI Ekslusif sejak dilahirkan selama 6 bulan, kecuali atas indikasi medis.
(2) Selama pemberian ASI, pihak keluarga,pemerintah,pemerintah daerah dan masyarakat harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus.

(3) Penyediaan fasilitas khusus sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2) diadakan di tempat kerja dan tempat sarana umum.


Nah jelas kan, didalam pasal 128 2 ayat 3 disebutkan di tempat kerja dan sarana umum berhak menyediaan fasilitas khusus untuk pemberian ASI atau ruang laktasi. 

Oia..gimana dengan ruang laktasi kantorku?Ruang laktasi kantorku ga begitu besar tapi nyaman untuk pumping. Ruang laktasi ini kapasitanya kira-kira 5-10 orang *lumayan kan?Seru banget ada ruang laktasi dikantor, jadi para ibu menyusui bisa saling tukar menukar informasi masalah ASI dan anak. Kita juga ada uang saweran untuk beli booster ASI dan berbagai perlengkapan ASI :). Lebih serunya lagi, aku jadi merasa punya banyak supporter disaat pumping karena kita saling menyemangati :). Ini bagian depan ruang laktasinya : 


Masuk ke ruang laktasi langsung ada tempat sepatu dan tempat sampah. Kenapa ada tempat sepatu?karena pumpingnya sambil selonjoran alias lesehan :P .Yup..di ruang laktasi kantorku ga ada kursi dan meja, jadi kita semua ibu menyusui pumping sambil selonjoran dan tentunya ngobrol ngalor ngidul :P. 

Fasilitas di ruang laktasi ini ada freezer ASIP, dispenser, wastafel, sterilizer bottle dan rak untuk menyimpan cooler bag. Bagian yang paling aku suka adalah pas buka freezer ASIP liat banyak ASIP untuk para malaikat kecil dirumah. Rasanya senang dan bangga bisa jadi ibu bekerja yang masih bisa meluangkan waktu untuk pumping demi si malakat kecil :).Btw maaf foto ruangannya yang ga lengkap karena banyak bu ibu yang lagi pumping :P.


Di ruang laktasi ini juga ada slogan dari Kementerian Kesehatan yang aku suka "IBU BEKERJA ASI EKSKLUSIF JALAN TERUS". Rasanya ada yang menyemangatiku untuk rajin pumping dan ngASI :). Ini dia slogannya :)


Nah..ini dia cerita tentang ruang laktasi kantorku. Bagaimana dengan kantormu?semoga semakin banyak kantor yang peka terhadap kebutuhan ibu menyusui dan menyediakan ruang laktasi ya. Semangat ngASI para ibu cantik :).

2 comments:

  1. bagus ya say.

    di kantorku berhubung baru pindah ke gedung sewaan karna gedung pusat udah keabisan space, jadi ya begitu deh

    udah Alhamdulillah banget dibuatin ruangan kicik buat para busui, dan ada satu orang yang merasa menguasai ruangan itu deh, jadi kadang2 ada yg minta kunci itu ruangan gak dikasih, hiks hiks #curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mbak ada ruang laktasi dikantorku,
      oalah kl dikantorku itu rung laktai ga pernah dikunci, jadi kapanpun mau pumping bisa.

      Ya semoga dibuatin lagi ya mbak ruang laktasi di gedung barunya biar pumpingnya aman dan nyaman.

      Semangat ngASI ya mbak :)

      Delete