Thursday, February 13, 2014

Tentang DSA (Dokter Spesialis Anak) Adzkiya

Halo loha..kali ini mau membahas tentang DSA (Dokter Spesialis Anak) Adzkiya :D . Ini buat para ibu apalagi ibu baru pasti jadi perhatian khusus. Milih DSA itu emang gampang2 susah, apalagi milih DSA yang pro ASI (Pro Air Susu Ibu) dan ga gampang ngasi obat atau Pro RUM (Pro Rational Use of Medicine). Apa sih RUM itu? penjelasannya bisa diliat di sini ,sini dan sini :) .

Adzkiya lahir dengan proses SC, sesaat sebelum Adzkiya lahir pihak RSIA Bunda nanya "mau SC sama dokter anak siapa nanti?". Karena ga kepikiran sama sekali jadi aku jawab "terserah deh, yang lagi praktek aja di hari aku SC". Oke..Alhamdulillah banget Adzkiya lahir ditangani sama DSA yang oke yaitu Prof dr Asril Aminullah Sp. A(K) .Beliau Alhamdulillah Pro ASI dan Pro RUM :). Waktu Adzkiya bilirubinnya tinggi, beliau membolehkan Adzkiya pulang ke rumah dengan bilirubin 12 tanpa harus disinar lagi di RS (Adzkiya sempat sehari disinar di RS)  tetapi dengan catatan aku harus kasi ASI sesering mungkin & dijemur dibawah sinar matahari setiap hari sampai bilirubinnya turun. Beliau hanya kasi aku surat rekomendasi untuk cel bilirubin di lab setelah 5 hari Adzkiya lahir & juga kasi tau gimana cara ngecek bilirubin dengan tangan :). Beliau juga support aku untuk selalu sabar nyusuin Adzkiya. Pokoknya The Best lah Prof Asril :D. Aku sangat rekomen sama Prof Asril, beliau juga mau jawab tiap pertanyaan pasien tapi ga ngedikte dan selalu kasi support orang tua pasiennya. Walaupun mukanya agak serem tapi asik banget kalo diajak ngobrol, cihuy banget lah. Eh ada tapinya, antriannya banyak banget jadi kudu sabar ya nunggunya :( .Beliau Praktek di RSIA Bunda Menteng dan RS Asri Duren Tiga. Sampe Adzkiya umur 2 bulan, beliau jadi DSA Adzkiya :D. 


Nah..pas Adzkiya umur 2 bulan, aku dan kak ian sepakat untuk pindah ke DSA lain. Bukan karena Prof Asril ga oke, tapi karena omnya kak ian itu DSA juga dan praktek di RSIA Aulia yang kebetulan RS nya deket banget dari rumah :D .Prinsip hemat waktu dan masih sodara *tetep ga mau rugi jadilah kami pindah DSA. Alhamdulillah rejekinya si Adzkiya ni ya, dulu lahirnya sama opanya sekarang DSAnya juga opanya :P. Dan mulai 2 bulan Adzkiya pindah ke dr Rastra SpA. DSA ini oke banget, masih muda dan dokter gaul. Alhamdulillah dr Rastra Pro ASI dan InshaAllah pro RUM. Udah gitu dr Rastra asik kalo diajak diskusi, ga basa basi dan sayang banget sama pasiennya :D. Rekomen lah ya dr Rastra sebagai DSA :) .Yang rumahnya di daerah jakarta selatan dan depok, bisa ni ke dr Rasta. Beliau selain praktek di RSIA Aulia, juga RS Hermina & RS Grha Permata Ibu Depok :) .


Alhamdulillah DSA yang aku pilih sesuai dengan apa yang aku dan kak ian mau. InshaAllah sesuai juga dengan cara pandang kami tentang ASI dan RUM. Semoga postingan ini bisa membantu dan bisa menjadi referensi buat ibu2 cantik :) .

2 comments:

  1. Boleh doonk dikasih bocoran cara cek bilurubin pake tangan 😁

    ReplyDelete
  2. dokter rastra di aulia prakteknya hari apa aja yaa? ke hermina penuh terus euyyy
    kali aja di aulia agak sepian hhehe

    ReplyDelete