Thursday, October 4, 2012

List Seserahan & Angsul Angsul

Berhubung aku menikah dengan menggunakan adat jawa lengkap, jadi di malam midodareni ada penyerahan seserahan atau kalau orang jawa bilang peningset dari pihak mempelai pria yaitu kak ian ke pihak mempelai wanita yaitu aku. Dan sebaliknya, aku juga menyerahkan kancing gelung (pakaian yang akan dipakai ketika akad nikah besok paginya) dan angsul angsul kepada kak ian. Di dalam adat jawa, jumlah seserahan dan angsul angsul sebaiknya ganjil sebesar 5, 7, 9 dst. Dan sebaiknya angsul angsul jumlahnya lebih sedikit dibandingkan seserahan. Apa sih sebenarnya isi seserahan itu? di dalam adat jawa, yang wajib diberikan pada saat seserahan yaitu sepasang pakaian wanita dari atas sampai bawah, biasanya diberikan kain batik motif sidomukti. Isi seserahan dan angsul angsul yang lain terserah si calon pengantin. 

Terus bagaimana dengan belanja seserahannya?belanja seserahan sebaiknya dilakukan berdua dengan pasangan, ataupun bisa juga dengan calon mertua. Karena seserahan dan angsul angsul itu kan barang yang akan dipakai setelah menikah, jadi sebaiknya berguna dan sesuai dengan selera calon pengantin itu sendiri. Jangan sampai setelah menikah, barang barang seserahan jadi mubazir. Lalu bagaimana denganku? aku belanja kebutuhan seserahan dan angsul angsul berdua dengan kak ian. Alhamdulillah calon mama mertuaku ga pernah ambil pusing masalah ini dan menyerahkan sepenuhnya sama aku dan kak ian :D. Seru juga loh belanja berduaan hunting kesana kemari, cari diskonan dan ngumpulin uang untuk melengkapi seserahan dan angsul angsul. Kita pernah pulang dari pernikahan seorang teman, langsung hunting seserahan di midnite sale demi dapetin harga murah *niat ya? :p. Tapi jadi tau loh selera pasangan dan jadi tau apa yang diinginkan pasangan dari kita. Barang barang seserahan dan angsul angsul juga ga harus serba branded kok, yang penting kan kualitas barangnya & kegunaannya. Ya thoh? 

Berikut list seserahan yang akan diberikan kak ian untukku :
1. Peralatan Shalat : Karena kak ian tidak memberikan alat shalat di mahar, jadi alat shalat dimasukkan ke dalam seserahan. > BELUM BELI 
2. Bath and Body Works : DONE 
3. Pakaian Kerja : DONE
4. Perlengkapan Pesta : Kurang Songket, sepatu & clutch bag 
5. Underwear, lingerie dan baju tidur : DONE
6. Make Up, perfume & accessories  : DONE *ini yang paling pertama dibeli :P
7. Aneka Batik : DONE
8. Pakaian Santai : BELUM BELI
9. Sprei & Bed Cover : BELUM BELI
10. Jenang/Wajik : Calon Mama Mertoku yang beli
11. Buah : Calon Mama Mertoku juga
12. Kue Kering, Jar Cake & Cake : Ini sama seperti waktu tunangan, kue kering dibuatin sama tante keke (FYI tante keke kue keringnya endes banget, apalagi nastar & kastengel, orderannya selalu mbludak) & cake beli di Harvest Cake ,cuma tinggal ditambah jar cake pesen di cupcakes & co .
13. Rendang : Berhubung kak ian ada darah padangnya, jadi ya sama juga seperti tunangan. Harus ada rendang! Dan rendang ini special buatan tante ella, enak banget rendangnya, daging & kentangnya empuk puk puk *jadi ngiler :P. 

Ini isi seserahan emang sengaja dipas sama aku dan kak ian jadi 13 paket, biar sesuai sama tanggal pernikahannya :D.

Dan berikut list angsul angsul yang akan aku berikan kepada kak ian :
1. Peralatan Shalat : BELUM BELI. Rencananya mau beli sama calon mama mertoku aja :D.
2. Peralatan Kerja : DONE
3. Underwear dan Bath & Body Works : DONE
4. Pakaian Santai : BELUM BELI. Kak ian masih bingung nentuin barang apa aja yang dia mau, eerr. Lama deh beb..3 bulan lagi ini :(.
5. Kamera Lomo/Lego : BELUM BELI! Ini barang barang koleksinya dia, sebenarnya kak ian ga minta barang ini, tapi aku tau dia pasti senang banget dikasi ini. Ceritanya mau kasi surprise buat dia (eh tapi kalo dia baca blog ini kan pasti tau ya, ya udahlah gapapa :P). 
6. Jar Cake & Aneka Coklat : Jar cake beli di cupcakes & co ,kalau coklat dadakan juga bisa. Kenapa aneka coklat?karena kak ian doyan banget sama coklat. Jadi pasti dimakan sama dia :D. 
7. Buah : Gampang ini yah, dadakan juga bisa :)

Ternyata masih banyak yang belum ya?Target diselesain minggu kemarin pupus sudah, karena kak ian lembur. InsyaAllah secepatnya barang barang seserahan dan angsul angsul selesai dibeli. Jadi bisa secepatnya dihias biar ga pusing. Amin..semoga saja ya :)

No comments:

Post a Comment